Tuesday, February 3, 2015

Mendesain Kamar Mandi Sederhana

Kamar mandi sederhana atau bisa juga disebut sebagai kamar mandi minimalis saat ini menjadi tren atau kecenderungan masyarakat perkotaan. Tidak rhanya umah saja yang mengikuti konsep minimalis, ruang-ruangnya pun harus bergaya minimalis.

Gaya hidup masyarakat perkotaan yang biasanya instan namun tetap bergaya, juga berpengaruh pada pilihan bangunan rumah beserta isinya yang ingin mengusung tema minimalis.

Konsep minimalis suatu bangunan, termasuk desain kamar mandi, tidaklah dirancang ala kadarnya. Konsep sederhana sebuah kamar mandi dirancang dengan memperhatikan sisi kebersihan, kenyamanan, keindahan dan fungsi lainnya. Kesan yang ingin ditampilkan kamar mandi minimalis adalah simpel namun berfungsi maksimal.

Kamar Mandi

Kamar Mandi Minimalis


Konsep Minimalis Namun Fungsi Maksimal

Sebagai bagian dari rumah atau sebuah bangunan, keberadaan kamar mandi merupakan hal yang sangat penting dan utama. Kamar mandi tidak hanya untuk keperluan mandi dan membersihkan diri semata, namun juga untuk keperluan privasi lainnya.

Kamar mandi dengan konsep minimalis juga bisa dioptimalkan dengan fungsi lain seperti untuk buang air atau mencuci tangan. Jadi kebersihan dan keindahan kamar mandi perlu diperhatikan agar terasa nyaman, segar dan indah.


Cara Mendesain Kamar Mandi

Jika mengacu pada konsep rumah minimalis, maka kamar mandi pun bisa didesain dengan gaya sederhana layaknya konsep bangunan rumah minimalis.

Kamar mandi sederhana dirancang dengan memperhatikan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan banyak area, namun berbagai perabotan pendukung dan desain interior di dalamnya bisa dimaksimalkan dan diaplikasikan seperti westafel, shower, bak mandi dan lain sebagainya.
Untuk menciptakan desain kamar mandi yang indah dan bersih maka desain atau bangun rancang sebuah kamar mandi harus memenuhi syarat minimal yaitu bersih dan nyaman. Sisi keunikan pun juga bisa dieksplorasi.

Ada beberapa panduan yang perlu kita perhatikan dalam merancang kamar mandi sederhana namun tetap memiliki sisi kenyamanan, kebersihan dan keindahan.

Pertama, perhatikan sirkulasi udara sebuah kamar mandi. Kamar mandi harus menyediakan ventilasi udara yang cukup agar tidak menimbulkan kondisi pengap, berbau, lembab dan gelap. Cahaya dalam kamar mandi juga harus diperhatikan. Kuncinya terletak pada pengaturan ventilasi udara dan cahaya yang cukup.

Kedua, warna sebuah kamar mandi juga layak diperhatikan. Warna cerah pada kamar mandi akan membuat siapa pun merasa nyaman ketika menggunakan kamar mandi. Pilihlah warna yang cerah seperti warna hijau, merah muda, putih atau kuning. Pilihan warna cerah juga bisa tambahkan dengan corak hiasan atau wallpaper yang menarik dan unik.

Ketiga, gunakanlah perabotan maupun aksesoris kamar mandi sesuai kebutuhan. Perabotan seperti bak mandi (bathup), shower, westafel adalah kebutuhan utama yang harus ada dalam kamar mandi. Sehingga perabotan ini harus diutamakan.

Keempat, kamar mandi juga bisa dilengkapi dengan parfum atau wewangian. Kamar mandi yang dilengkapi dengan parfum akan membuat pengguna kamar mandi merasa nyaman dan fresh. Fungsi parfum pada kamar mandi tidak hanya membuat ruangan harum, namun juga bisa mengurangi bau tak sedap.

Kita bisa menempatkan kamar mandi di mana pun sesuai selera, kondisi dan letak isi rumah. So, selamat mengeksplor desain kamar mandi sederhana.