Thursday, February 12, 2015

Desain Pintu Kamar Mandi Yang Minimalis

Pintu kamar mandi merupakan bagian penting dari keberadaan sebuah kamar mandi. Layaknya pintu pada sebuah bangunan yang tidak hanya sebagai tempat keluar masuk penghuni namun juga mencerminkan gaya dan selera hidup penghuninya, begitu pun pintu pada kamar mandi yang lazimnya mencerminkan sisi keindahan dan kebersihan isi kamar mandi tersebut.

Untuk menciptakan kesan indah, bersih dan unik, pintu kamar mandi harus dirancang dengan sebaik mungkin. Jika pintu kamar mandi dibuat seadanya tanpa perencanaan dan tanpa desain yang menarik maka kesan yang ingin ditampilkan pun seadanya.

Kamar mandi selain berfungsi sebagai tempat membersihkan diri juga sebagai ruang privasi. Oleh karena itu, keberadaan pintu pada sebuah kamar mandi dapat menyesuaikan dengan privasi dan kebutuhan penggunanya.

Pintu Kamar Mandi

Pintu Kamar Mandi Minimalis


Beragam Pilihan Pintu

Saat ini ada beragam pilihan pintu kamar mandi yang dapat Anda digunakan untuk melengkapi dan memperindah sebuah kamar mandi. Pintuk kamar mandi dapat dibedakan berdasarkan bahan atau materialnya yaitu pintu kayu, pintu kaca, pintu aluminium dan pintu PVC.

Pintu Kayu

Kamar mandi dengan pintu berbahan kayu sering dijumpai pada rumah-rumah berbahan kayu. Pilihan menggunakan pintu kayu ini cocok untuk kamar mandi kering. Jika digunakan pada kamar mandi basah tentu akan membuat pintunya lapuk dan tidak tahan lama.

Saat ini ada beragam jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pintu seperti kayu jati, mahoni, meranti dan sebagainya. Jika Anda menginginkan kesan eksotik dan natural pada kamar mandi, maka pintu kayu bisa dipilih untuk mendukung interior kamar mandi.

Pintu Aluminium

Pintu jenis ini sesuai untuk kamar mandi basah. Sifat bahannya yang tahan lama terhadap air, kelembaban maupun karatan membuatnya cocok untuk pintu kamar mandi basah. Pintu ini didominasi oleh warna silver, hanya beberapa bagian dari pintu ini yang didesain dengan interior menarik dan berwarna.

Walaupun pintu ini cocok untuk kamar mandi basah, namun untuk kamar mandi kering juga bisa digunakan. Hanya saja dekorasinya yang tidak sesuai dengan kamar mandi kering, membuat pintu ini kurang sesuai.

Pintu Kaca

Pintu kaca untuk kamar mandi juga bisa digunakan. Kamar mandi basah maupun kering tentu cocok dengan pintu jenis ini. Sifat kaca yang transparan membuat sisi di balik atau dalamnya mudah terlihat. Pintu ini lebih sesuai jika ditempatkan di dalam kamar mandi, bukan pintu luar kamar mandi.

Pintu PVC

Pintu jenis ini juga banyak dijumpai. Bahan dasarnya yang terbuat dari plastik membuatnya lebih ringan dan nampak simpel. Pintu ini tersedia dengan berbagai warna, seperti warna biru dan merah muda. Pintu PVC atau pintu plastik bisa digunakan untuk kamar mandi basah maupun kamar mandi kering.
Pintu jenis PVC ini lebih cocok jika digunakan pada kamar mandi yang tidak terkena sinar matahari berlebihan. Jika terkena sinar matahari secara terus-menerus akan membuatnya tidak tahan lama.

Panduan Memilih Pintu Kamar Mandi

Pilihan pintu kamar mandi hendaknya didasarkan pada jenis kamar mandi seseorang. Jika kamar mandi Anda merupakan kamar mandi basah, maka gunakanlah pintu berbahan kaca, PVC atau aluminium. Sebaliknya jika kamar mandi Anda termasuk kamar mandi kering, pilihan pintu bisa menggunakan pintu berbahan kayu atau pintu panel PVC.

Pintu kamar mandi pun ada yang dirancang dengan dorongan (pintu dorong) dan ada pula yang didesain dengan menggeser (pintu geser). Jika kita menginginkan konsep minimalis pada kamar mandi, maka pintu geser bisa jadi alternatif.

Akhirnya, pintu kamar mandi bukan sekedar soal keindahan desainnya namun juga berkaitan dengan fungsi dasarnya yaitu tempat keluar masuk dan menjaga privasi penggunanya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan bijaklah dalam memilih pintu kamar mandi.